Search This Blog

Total Pageviews

Advertisement

Labels

Blog Archive

KTT 2019 Pan Afrika Khusus Bahas ‘Genosida Hitam’ di Papua

Delegasi KTT 2019 Kelompok Negara Karibia dan Pasifik Afrika (Foto: gpanreunification.org - GOOD INDONESIA)
Delegasi KTT 2019 Kelompok Negara Karibia dan Pasifik Afrika (Foto: gpanreunification.org – GOOD INDONESIA)

Nairobi – Pemimpin Kemerdekaan Papua Barat Benny Wenda dan Menteri Luar Negeri Vanuatu Ralph Regenvanu menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-9/2019 Kelompok Negara Karibia dan Pasifik Afrika (African Caribbean and Pacific Group of States, ACP) di KICC, Nairobi, Kenya.

Situs web Gpanreunification.org melansir KTT itu diikuti kalangan diaspora Afrika di seluruh dunia. Peserta yang hadir berasal dari 51 negara di Afrika, 14 di Pasifik, dan 10 di Karibia.

KTT 2019 khusus membahas tema rasisme dan kejahatan hak asasi manusia HAM di Papua, Indonesia.

Disebutkan, “Papua Barat adalah rumah kita. Sekarang waktu yang tepat bagi Afrika untuk mendukung Papua Barat, dengan mengambil tindakan untuk mengakhiri ‘genosida hitam’ di sana.”

Dilansir pula bahwa lebih 500.000 orang Papua terbunuh di Papua Barat. Setiap hari orang-orang Papua dijebloskan ke penjara karena menyatakan keinginan mereka merdeka.

“Waktunya telah tiba bagi dunia untuk menanggapi kekejaman terhadap orang-orang keturunan Afrika di Papua Barat,” papar situs web milik Global Pan Africanism Network (GPAN).

Wakil Presiden Kenya William Ruto menyambut delegasi yang tiba di lokasi konferensi.

Pra konferensi digelar sejak 6-10 Desember 2019. Sesi ini diisi pameran ekonomi pedesaan. Pada 8 Desember, peserta membahas khusus tema pemberdayaan perempuan dan remaja di negara-negara ACP.

Puncak KTT berlangsung dua hari sejak Senin, 9 Desember 2019. Agenda puncak dihadiri kepala negara dan pemerintahan.

GPAN merupakan organisasi Hak Sipil Internasional dan Pan Afrika untuk menyatukan kembali semua orang keturunan Afrika, serta mengadvokasi hak-hak dan kebebasan mereka di seluruh dunia. Organisasi ini terdaftar di Accra, Ghana. []GOOD INDONESIA-RUT



from WordPress https://ift.tt/349VvrO
via IFTTT December 09, 2019 at 09:17AM

No comments:

Post a Comment