Search This Blog

Total Pageviews

Advertisement

Labels

Blog Archive

Para Aktivis Meminta Pemerintah Selandia Baru untuk Berbuat Lebih Banyak untuk Papua Barat

Pada tanggal 2 Desember 2023

https://www.rnz.co.nz/international/pacific-news/503741/activists-call-on-nz-govt-to-do-more-for-west-papua

Pemerintah Selandia Baru harus menghadapi Indonesia atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat, kata aktivis hak asasi manusia dan aktivis kemerdekaan Papua Barat di Aotearoa.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB melaporkan situasi hak asasi manusia di Papua Barat memburuk, mengutip laporan penyiksaan dan pengungsian massal.

“Kami tahu kekerasan yang dialami rakyat West Papua semakin memburuk,” kata juru bicara Partai Hijau Golriz Ghahraman pada upacara pengibaran bendera Bintang Kejora di Auckland pada hari Jumat.

“Sudah jelas bahwa pemerintah Selandia Baru telah memprioritaskan hubungannya dengan negara yang lebih besar, Indonesia, di atas hak dan keselamatan warga West Papua… ini memalukan.

“Saya ingin melihat pemerintah kita mengatakan… akan melakukan divestasi dari pembelian barang dan kayu jika barang tersebut berasal dari Papua Barat, dan menggunakan semua forum internasional, baik di PBB atau dalam pembicaraan perdagangan langsung dengan Indonesia untuk mengangkat isu ini. hak-hak rakyat West Papua dan mendorong dekolonisasi."

Tanggal 1 Desember menandai hari bendera Bintang Kejora – bendera kemerdekaan Papua Barat – pertama kali dikibarkan pada tahun 1961 oleh para pemimpin asli Papua Barat. Upacara pengibaran bendera diadakan oleh aktivis di seluruh dunia untuk menandai acara tersebut.
Wilayah ini merupakan wilayah jajahan Indonesia sebelum jatuh ke tangan pemerintahan Indonesia pada tahun 1963. Sejak saat itu, gerakan kemerdekaan mengalami penindasan yang hebat dengan banyaknya laporan mengenai pembunuhan, intimidasi, dan penyiksaan.

“Selandia Baru tidak pernah mengambil sikap tegas terhadap penentuan nasib sendiri rakyat West Papua sejak Indonesia mengambil alih kekuasaan,” kata aktivis pro-kemerdekaan terkemuka Maire Leadbeater pada acara pengibaran bendera.

“Kami tidak akan pernah membiarkan pemerintah kami lupa bahwa mereka telah mengambil jalan yang salah sehubungan dengan Papua Barat.”

Di Indonesia, pengibaran bendera Bintang Kejora dilarang kecuali jika dikibarkan berdampingan dengan Bendera Indonesia dan pada ketinggian yang lebih rendah. Pada bulan September tahun lalu , tujuh orang ditangkap dan dipenjarakan di Papua Barat karena mengibarkan bendera.

“Rakyat Papua Barat yang mengekspresikan segala bentuk kemerdekaan atau penentuan nasib sendiri merupakan tindakan kriminal,” kata Ghahraman.

“Acara seperti ini penting untuk meningkatkan kesadaran akan situasi di Papua Barat… yang kami sampaikan adalah kami melihat Anda dan kami tahu hak-hak Anda dilanggar dengan kekerasan.

“Kami terus berbicara tentang Tiongkok, kami terus berbicara tentang Amerika Serikat dan bagaimana kami dapat mendukung sekutu negara adidaya kami, padahal sebenarnya hal tersebut adalah tentang meningkatkan suara masyarakat Pasifik seperti orang Papua Barat.”

Konflik bersenjata antara separatis Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dan militer Indonesia baru-baru ini meningkat setelah penculikan pilot Selandia Baru Phillip Mehrtens pada bulan Februari tahun ini . Laporan dan rekaman pertempuran dirilis oleh kedua belah pihak.
____
https://www.rnz.co.nz/international/pacific-news/503741/activists-call-on-nz-govt-to-do-more-for-west-papua

No comments:

Post a Comment