Search This Blog

Total Pageviews

Advertisement

Labels

Blog Archive

Mereka ukirkan pengalaman masa lalu sejarah kelam yang mereka

Anak-anak mudah berbakat generasi Melanesia Papua Barat yang tumbuh besar tempat diaspora dengan mengembangkan potensi mereka sendiri yang berguna untuk mempertahankan cerita orisinalitas jati diri dan budaya. Mereka ukirkan pengalaman masa lalu sejarah kelam yang mereka wariskan dari  generasi tua, itu yang menjadi cerita hidup yang telah membuat sutradara cerit Papua Barat terbaik melalui proyek Kal Kangam-kal. Film cerita anak-anak Papua bertajuk Kal Kangam-kal yang diambil dari bahasa Amungme artinya cerita dari Papua Barat.

Melalui komunitas  ini mereka mengorganisir diri dan mewadahi kalangan anak muda tempat diaspora. Dan pekerjaan mereka pergi bercerita dengan tetua mereka ttg budaya, bentuk dan kisah perjuangan, termasuk bentuk-bentuk kekerasan yang sampai kini belum belum berakhir. Latensi jati diri mereka lalu hasil nya buat film dan tayangkan di berbagai acara festival lainnya di Melbourne Australia. 

Memberdayakan diri dengan Proyek komunitas bercerita ini adalah satu inisiatif baru kalangan generasi mudah yang ingin mempertahankan jati diri serta mempromosikan hak politik pembebasan untuk penentuan nasip sendiri. Tindakan melalui komunitas "Cerita Dari Papua Barat" Ini menita peratian public di kalangan masyarakat terutama di Australia. Komunitas ini telah berkembang luas di wilayah mereka tinggal, kemudian bermitra dengan berbagai organ. Kemitraan ini digunakan sebagai satu cara mengkampanyekan isu-isu HAM dan Politik Papua Barat public secara regional dan nasional di Australi. Termasuk pengiat yang memiliki spesialis beragam telah turut mendorong mengadvokasinya.

Kegunaan proyek ini adalah cara satu pola trauma healing kolektif menggunakan cerita ringan. Cerita komunitas dari Papua Barat ini mampu melawan beban sejarah traumatic. Dan Komunitas Cerita ini menjadi satu tempat yang mempu memuntahkan beban psikologi dari sejarah kelam masa lalu yang telah membentuk mereka dan generasi tua melalui model mendengarkan cerita para tetua dan dibuatkan sutradara terbaik. 

Awalnya membingkai cerita sebagai bentuk melawan warisan beban traumatis soaial dengan mengisahkan bagaimana perjalanan orang tua dari Papua Barat masuk ke Australia 2006, perjuangan mencari suaka politik dan beradaptasi lingkungan baru serta cara kehidupan mereka di Melbourne Australia yang sangat mengesankan. Sebagai sesepuh atau pemimpin lokakarya anak-anak mudah ini oleh Makabory, Kerkow, dan Tupuola. Mereka sebagai pemimpin proyek "Cerita Dari Papua Barat".

No comments:

Post a Comment